Livia Mamoribo Novelis Cilik dari Serui, Papua

LIvia Mamoribo (10) membaca novel perdananya "The Legend of Grasslands Valdivian". (foto: Eman Betta)

PAPUAinside.com, SERUI— Terinspirasi dari hasil menonton film-film kartoon anak-anak Livia Mamoribo (10) murid kelas V SD di Serui, Kepulauan Yapen menerbitkan novel perdananya berjudul “The Legend of Grasslands Valdivian”.
Via , sapaan akrabnya menjelaskan buku yang di terbitkan ini merupakan inspirasi dari berbagai film-film karton yang ia tonton. “Saya suka nonton film kartoon Disney, jadi saya coba tuangkan dalam bentuk karya tulis,’’ ujarnya saat di temui pada acara launching buku jejak 50 antologi puisi siswa SMK YPK serui.Jumat ( 17/1).
Awalnya kata Via dirinya malu dan tidak percaya diri saat akan terbitkan buku namun berkat dorongan orang tua khususnya Ibu Vivi Mamoribo yang juga seorang pengajar di SMP YPK Serui sehingga buku bisa diterbitkan.
“Waktu itu saya buat tulisan, lalu ibu saya baca dan bilang di terbitkan saja biar lebih bagus lagi, orang-orang bisa membacanya,’’ ujarnya.
Buku ini kata Via bercerita tentang suatu kekuasaan yang harus di jaga bukan di pamerkan. “Kisah arti dari buku ini untuk mengajarkan kepada semua agar kekuasaan bukan untuk di pamerkan apalagi di sombongkan,’’ jelasnya.
Kemampuan Via menulis, menurut Ibunya Vivi Mamoribo sebagai suatu anugerah karena tidak ada yang mengajar secara khusus tetapi belajar otodidak.  ‘’Apa yang di lakukan Via  tanpa ada yang mengajarkannya dan semua itu adalah anugerah tersendiri. Dia belajar otodidak, saya saat membaca tulisanya sangat terkesan, karena di usia sangat muda ini, bisa membuat suatu tulisan,’’ ujarnya bangga.
Vivi yang juga seorang pendidik itu berpesan pada semua orang tua agar memberikan kebebasan anak dalam mengembangkan bakat mereka. “Masa-masa anak bermain, adalah masa anak berkembang dan itu semua harus di dukung oleh orang tua,’’ pesannya.
Apa yang dicapai Via di usianya yang masih belia ini diapresiasi Kepala Dinas P&K Yapen Saskar Paiderouw. “Apresiasi tinggi saya berikan kepadanya, buktikan bahwa kita  anak Papua juga bisa berkarya, jangan berhenti dalam berkarya,’’ pesannya.

Reporter : Oleh: Eman Betta
Editor : -



Post a Comment

Previous Post Next Post