Wartawan Senior Vanwi Subiyat Akan Merilis 100 Puisi Hasil Karyanya - KO'SAPA

Jangan Lupa!

Ketika anda memakai cenderawasih, ingatlah bahwa yang anda pakai itu adalah bangkai dari Cenderawasih yang tersisa dan hampir punah. Semoga kita yang bangga dengan Cenderwasih, bukan orang buta huruf.

Wartawan Senior Vanwi Subiyat Akan Merilis 100 Puisi Hasil Karyanya

Ist 

BP Com JAYAPURA – Wartawan Senior Robert Isodorus Vanwi Subiyat atau yang akrab disapa Vanwi Subiyat, akan merilis 100 puisi hasil goresan yang telah dibuat dalam bentuk buku koleksi puisi Racuni Jiwa Naungi Hati .

Buku ini rencananya akan dirilis pada tanggal 14 Februari 2020 atau bertepatan di Hari Kasih Sayang / Hari Valentine.

Yulika Anastasia yang berprofesi sebagai Pembuat Film Independen / Pembuat Konten / Nominator Dokumenter FFI 2019), mengambil buku ini sebagai kado yang tepat di Hari Valentine.

Buku karya pria kelahiran Bintuni, 12 Oktober 1970 diterbitkan oleh AE Publishing, Malang, cetakan pertama Januari 2019.

“Bahasa puisi adalah bahasa hati yang diputar dengan sentuhan rasa yang sangat subyektif,” kata Ika sapaan akrabnya memberikan pendapatnya kepada Bogopapua.com. Kamis (16/1/2020).

Kata dia, melalui puisi ini, menyanyikan pujangga bebas mengundurkan diri melalui kumpulan kata dan entah dengan cara bagaimana membuat pembaca merasakan kedalaman makna dari setiap untaian kata.

“Sungguh menarik membaca antologi puisi karya Vanwi Subiyat. Puisinya tidak basa –basi, setiap baitnya menggunakan kalimat sederhana / bahasa sehari-hari, namun ajaibnya puisinya sanggup menggugah rasa, ”tuturnya.

Satu hal yang menjadi ciri perpaduan ini, yaitu selalu berbicara tentang rasa. Terkadang mempersonifikasi kata rindu, kangen, sayang, cinta dan kasih, sehingga menjadikan setiap baitnya “hidup” dan mengalirkan “energi” untuk pembacanya.

“Terkadang pula puisinya hanya berisi satu umpan, bahkan dalam satu umpan hanya ada dua larik. Setiap kalimatnya mudah dicerna dan penuh makna. Kata kata buat buku ini; Bahaya! Setiap untaian kata dalam setiap baitnya meracuni sekaligus menaungi jiwa. Buku Ini sangat merayu, ”pujinya.

Sekedar percaya Vanwi Subiyat kesehariannya adalah berita yang diajukan di Tanah Papua, pernah menjadi jurnal di Tabloid Jubi, Koran sore nasional Suara Pembaruan dan saat ini sebagai Pimpinan Redaksi Wartaplus.com. (Josemaria)



Print Friendly and PDF

Tentang : Pace Ko' Sapa

Komunitas Sastra Papua, komunitas bagi mereka yang tertarik dengan sastra, adat dan budaya Papua. Semua catatan dalam Ko'Sapa diolah oleh redaksi Ko'Sapa untuk menjadi tulisan dalam situs ini. Silahkan kirim tulisan, atau informasi yang dingin di peroleh ke sastrapapua@gmail.com, trimakasih.

0 comments: