Karena Literasi Sangat Penting Bagi Masa Depan Papua - KO'SAPA

Jangan Lupa!

Ketika anda memakai cenderawasih, ingatlah bahwa yang anda pakai itu adalah bangkai dari Cenderawasih yang tersisa dan hampir punah. Semoga kita yang bangga dengan Cenderwasih, bukan orang buta huruf.

Karena Literasi Sangat Penting Bagi Masa Depan Papua



 Laporan: Roberth Yewen

Sentani - Melihat Peran Cenderawasih Reading Center (CRC) Dalam Mengembangkan Literasi Bagi Generasi Muda.

Upaya meningkatkan literasi bagi generasi muda terus dilaksanakan oleh berbagai pihak, salah satunya adalah Lembaga Cenderawasih Reading Center (CRC) yang selama ini ikut memberikan kontribusi bagi pengembangan literasi di Papua. Apa saja yang dilakukan oleh CRC selama ini?

Melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil dengan cinta yang besar. Demikian kata Mother Theresia dari Calcutta. Inilah yang berusaha dilakukan oleh Lembaga Cenderawasih Reading Center (CRC), yaitu bagaimana melakukan hal-hal kecil tentang mengembangkan literasi bagi generasi muda dengan cinta yang besar.

Apalagi dalam era industri 4.0 saat ini tentu penting sekali literasi bagi generasi muda yang ada di Indonesia, apalagi di Papua. Jika dilihat dari data yang ada, literasi di Indonesia sangat minim sekali, dibandingkan dengan negara-negara luar lainnya. Hal inilah yang membuat CRC tergerak hati untuk mendorong pengembangan dan minat tentang literasi bagi generasi muda di Papua.

Direktur CRC, Michael Jhon Yarisetouw, S.SI mengatakan bahwa selama ini mereka bergerak tanpa dukungan dari pihak manapun. Hanya beberapa pihak yang membantu, tetapi dilakukan secara perseorangan maupun institusi. Walaupun demikian, CRC selalu diajak oleh pihak Pemda, TNI-POLRI untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya literasi bagi generasi muda di Papua.

CRC sendiri aktif melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah yang ada di Jayapura maupun luar Jayapura, untuk memberikan pemahaman kepada para siswa tentang pentingnya membangun literasi sejak dini.

CRC sendiri berdiri pada tanggal 28 Oktober tahun 2017 dan kini usianya sudah 2 tahun. Walaupun masih baru, tetapi sosialisasi tentang literasi terus digelorakan kepada seluruh masyarakat, terutama kepada para generasi muda. Apalagi literasi selalu berbanding lurus dengan kesejahteraan, sehingga penting sekali literasi perlu dibangun mulai dari keluarga dan sekolah.

Alumni Jurusan Matematika Fakultas MIPA Uncen, ini mengatakan bahwa pengembangan terhadap literasi, baik membaca, menulis, dan berdiskusi akan terus digelorakan kepada semua kalangan, baik para siswa maupun mahasiswa, sehingga terus mengembangkan diri di bidang literasi.

Michael sendiri memiliki mimpi agar kelak CRC ini bisa berkembang tidak hanya di Jayapura, tetapi di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat, sehingga dapat menyuarakan tentang pentingnya literasi bagi generasi muda di Papua.

Jika generasi Papua terus diingatkan tentang pentingnya literasi, maka semua orang akan bersama-sama terus menyuarakan kepada generasi muda tentang literasi, sehingga setiap orang merasa bertanggung jawab terhadap peningkatan literasi di pelosok-pelosok negeri yang ada di tanah Papua.

“Kepada generasi muda jangan berhenti untuk mengembangkan diri di bidang literasi, karena hal ini sangat penting bagi masa depan Papua,” pesannya. 
Print Friendly and PDF

Tentang : Pace Ko' Sapa

Komunitas Sastra Papua, komunitas bagi mereka yang tertarik dengan sastra, adat dan budaya Papua. Semua catatan dalam Ko'Sapa diolah oleh redaksi Ko'Sapa untuk menjadi tulisan dalam situs ini. Silahkan kirim tulisan, atau informasi yang dingin di peroleh ke sastrapapua@gmail.com, trimakasih.

0 comments: