Membangkitkan Koperasi Di Meeuwo Papua - KO'SAPA

Jangan Lupa!

Ketika anda memakai cenderawasih, ingatlah bahwa yang anda pakai itu adalah bangkai dari Cenderawasih yang tersisa dan hampir punah. Semoga kita yang bangga dengan Cenderwasih, bukan orang buta huruf.

Membangkitkan Koperasi Di Meeuwo Papua

Oleh : Rafael Douw
 
Koperasi Budaya Meeuwo - Doc. Rafael Douw
Koperasi Merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai tujuan atau kepentingan bersama. Jadi koperasi merupakan bentukan dari sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama.

Kelompok orang inilah yang akan menjadi anggota koperasi yang didirikanya. Pembentukan koperasi berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong-royong khususnya untuk membantu para anggotanya yang memerlukan bantuan baik berbentuk barang atau pun pinjaman uang.

Dengan kata lain, koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan. Inti dari koperasi adalah kerja sama, yaitu kerjasama antara anggota dan para penggurus dalam rangka memujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta membangun tatanan perekonomian.

Koperasi juga didefinisikan sebagai perkumpulan orang yang mempunyai kebutuhan dan kepentingan ekonomi yang sama. Untuk ingin dipenuhi secara bersama melalui pembentukan perusahan lokal bersama yang dikelola dan diawasi secara demokratis.

Perinsip koperasi adalah suatu sistem ide-ide abstrak yang merupakan petunjuk untuk membangun koperasi yang efektif dan tahan lama, kemudian keanggotaanya bersifat terbuka dan sukarela, pengelolaanya bersifat demokratis, partisipasi anggota dalam ekonomi, pengembangan pendidikan, pelatihan pelaporan, serta menginformasikan sistem perekonomian.

Tujuaanya untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khusunya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur.

Dengan tujuan bukanlah mencari laba yang besar-besaran. Namun, apa andanya dan melaikan melayani kebutuhan bersama dan wadah partisipasi pelaku ekonomi skala kecil, agar membagun dan mengembangkan potensi dan kemampuaan serta umumnya pada masyarakat untuk meningkatkan kesejahtraan ekonomi dan sosialnya, untuk itu, koperasi sangat perlu penting bagi setiap orang karena kehidupan manusia diukur dari nilai uang.

Untuk mengatasi dunia yang semakin mengglobal ini, masyarakat Papua pada umumnya lebih khususnya masyarakat Meeuwo perlu meningkatkan dan menggembangkan koperasi dan usaha-usaha yang besifat lokal.

Dengan melihat persaningan-persaingan yang akan terjadi beberapa tahun kedepan. Perubahan secara derastis yang terjadi dalam bidang ekonomi. Mesti di papua juga jelas akan ada.

Artinya, orang asing maupun non Papua mereka akan menguasainya dengan memasarkan produk berkualitas dan produk berinstan, sehigga masyarakat papua mesti lupa dengan kebiasan-kebiasaan lokal, seperti berkebun, beternak, perikanan, membuat pagar, membuat alat budaya, berburuh dan berbisnis lainya.

Dan juga dulunya masyarakat produktif menjadi masyarakt konsumtif pada produk berkualitas dan berinstan itu.

Sebagai saran, Masyarakat Papua terlebih khusus masyarakat meeuwo perlu menumbuhkan jiwa semagat dalam hal berkoperasi dan berbisnis, kemudian masyarakat Papua perlu meningkatkan kebiasan-kebiasaan perekonomiannya, seperti produk kopi Moanemani, pelihara sapi, pelihara babi, berkebun kelompok serta kegiatan lain yang bersifat mendatangkan nilai uang.

Di Papua Setiap kabupaten yang ada diMeeuwo yakni, kabupaten Dogiyai, Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Paniai. Sebenarnya tujuan dari Pemerintah ialah Mensejahterakan Masyarakat Meeuwo, namun Pemerintah atau instansi terkait “Tidak Peduli” untuk mengawasinya, menggorganisir Solusinya, Dinas Koperasi yang ada di Tiga Kabupaten Tersebut perlu Membuat Kegiatan perekonomian (Jika Berbisnis dan Berkoperasi Tidak satupun ada). 

Jika ada, maka perlu Kontroling dan Pengawasan sesuai Tupoksi Kerjanya, agar masyarakat semangat bekerja dan berkoperasi Lokal.

Semoga tulisan ini menjadi Bermakna dan bermanfaat bagi para Pembaca dan pelaksanaan yang budiman.



 Penilis adalah  Mahasiswa USTJ 


Print Friendly and PDF

Tentang : Pace Ko' Sapa

Komunitas Sastra Papua, komunitas bagi mereka yang tertarik dengan sastra, adat dan budaya Papua. Semua catatan dalam Ko'Sapa diolah oleh redaksi Ko'Sapa untuk menjadi tulisan dalam situs ini. Silahkan kirim tulisan, atau informasi yang dingin di peroleh ke sastrapapua@gmail.com, trimakasih.

0 comments: