Semangat dan Target dalam Merantantau - KO'SAPA

Jangan Lupa!

Ketika anda memakai cenderawasih, ingatlah bahwa yang anda pakai itu adalah bangkai dari Cenderawasih yang tersisa dan hampir punah. Semoga kita yang bangga dengan Cenderwasih, bukan orang buta huruf.

Semangat dan Target dalam Merantantau

IST 

Oleh: Sesilius Kegou)*

Banyak Orang  yang sukses karena merantau. “Orang Pegunungan Tengah Papua (Meepago)   sukses dengan ternak babi, ayam, kelinci dan beberapa macam piaraan lainnya.

Di daerah Pihaihe, Dogiyai Papua lebih kenal pencaharian utama adalah perkebunan. Begitu juga orang Wonogiri sukses menekuni usaha sebagai penjual bakso. Orang Pesisir Pantai (Saireri, Mamta) Papua  sukses sebagai nelayan, balutan sagu dan menghasilkan beberapa makanan khas pokoknya. Sementara jahatnya juang keseharian, orang Padang sukses dengan bisnis masakan padang-nya yang kenal luas di pulau Jawa dan beberapa kota lain di Nusantara, juga di Papua.

Kemajuan di era ini tak ingin kalah dengan busana khas antar daerah dan Negara. Kini orang China pun banyak yang sukses ketika ia merantau ke luar negerinya. Dan, tidak sedikit pula, orang Jawa yang sukses sebagai transmigran di Sumatera, Kalimantan bahkan lebih kenal lagi transmigran di Papua (Merauke, Nabire, Fak-Fak, Timika dan beberapa kota lainnya). Juga banyak orang dari luar Jawa yang sukses bisnisnya ketika merantau di Yogyakarta, Solo,.Demak. Hal itu wajar terjadi, karena orang-orang tersebut memang punya keberanian merantau.

 Sebenarnya, apa yang diungkapkan di atas hanyalah sekadar contoh,bahwa “orang yang bisa sukses sebagai ternama, kalau orang tersebut memiliki niat dan keberanian merantau”. 
Mengapa demikian?

Keberanian merantau itu perlu kita miliki, “dengan merantau berarti kita berani meninggalkan lingkungan keluarga, meskipun kita sudah tumbuh besar atau dewasa, namun tetap dianggap sebagai anak kecil”.

Sehingga, hal itu akan membuat kita tergantung dan tidak mandiri. Akibat dari itu jelas, kita mudah patah semangat atau putus asa. Tidak berani menghadapi tantangan atau risiko Usaha Mengejar Impian, Kita pun akan mudah tergantung pada orang lain.

Tapi beda halnya, kalau kita berani merantau. Hal itu berarti siap menjadi manusia baru. Kita harus siap menghadapi lingkungan baru, yang barangkali tak sedikit tantangan yang harus dihadapi. Jika dulu kita belum tahu apa sebenarnya kelemahan kita, dengan merantau hal tersebut bisa diketahui.

Sedikit demi sedikit kelemahan tersebut akan kita perbaiki di tanah perantauan. Itulah sebabnya mengapa saya yakin,keberanian merantau yang membuat kita punya jiwa kemandirian itu, akan membuat kita lebih percaya diri dalam setiap langkah dalam Usaha mengajar impian. Jadi singkatnya, merantau itu akan membuat kita berjiwa “tahan banting".        

Katakanlah, kalau usaha kita ternyata jatuh dan gagal, kita tidak terlalu malu,  itu terjadi di kota lain. Dengan kata lain, berusaha dikota lain akan mengurangi beban berat, bila dibandingkan dengan merintis bisnis di kota kita sendiri.

Selain itu, keberanian merantau ke daerah lain, akan membuat kita dapat menyelesaikan persoalan sendiri. Bahkan, kita akan merasa tabur terhadap bantuan orang lain. Kita ada rasa untuk tidak mau punya utang budi pada orang lain.

Oleh karena itu,  bahwa sesungguhnya kemandirian itu adalah semangat paling dasar dari kita untuk bisa meraih kesuksesan. Dan, alangkah baiknya jika sikap mandiri semacam itu bisa kita bentuk sejak kita masih sekolah. Maka, jika kita ingin berhasil yang mampu meraih suksesdan “tahan banting", salah satu kuncinya adalah keman-dirian itu sendiri dan, kemandirian akan muncul jika kita berani merantau. Buktikan sendiri!

)*Penulis adalah: Jurnalis Papua. Saat ini kuliah di Semarang. 
Print Friendly and PDF

Tentang : Pace Ko' Sapa

Komunitas Sastra Papua, komunitas bagi mereka yang tertarik dengan sastra, adat dan budaya Papua. Semua catatan dalam Ko'Sapa diolah oleh redaksi Ko'Sapa untuk menjadi tulisan dalam situs ini. Silahkan kirim tulisan, atau informasi yang dingin di peroleh ke sastrapapua@gmail.com, trimakasih.

0 comments: