Tokoh Papua dan Wajah Indonesia - KO'SAPA

Tokoh Papua dan Wajah Indonesia


Tokoh Papua Barnabas Suebu menyatakan bahwa ia menyesal menjadi warga negara Indonesia. Penyataan ini di lontarkan usai kalah dalam mengajukan banding Remisi.
Banyak orang berkomentar sinis terhadap pernyataannya bahwasnnya kenapa ketika menjabat Gubernur Papua beliau tidak mengungkapkan kalimat seperti itu. Dan banyak komentar yang datang dari berbagai pihak melalui media sosial atas pernyataan Tokoh Papua itu.
Beliau sebagai tokoh yang menghargai hukum ada di Republik Indonesia. Hal itu di buktikan dengan proses hukum yang ia jalani. Semenjak ia dinyatakan sebagai tersangka Khasus Korupsi hingga saat ini masih menjalani Hukum.
Pernyataan Suebu ini mengingatkan saya pada pernyataan Sekjend ULMWP Oktovianus Mote ketika diwawancai Indoprogres TV beliau menyatakan, bersama Indonesia Tiada Masa Depan bagi Orang Asli Papua.
Kedua Tokoh Papua ini menunjukan sikap mereka yang sama terhadap bangsa Indonesia. Bahwa satunya menyampaikan kekesalannya setelah melewati prosedur hukum yang morat marit dan satunya Meyakini dengan sadar bahwa keberadaan indonesia adalah penjajah di Tanah Papua.
Walaupun kedua tokoh Papua ini berbicara demikian berdasarkan situasi dan persoalan yang berbeda beda. Tapi mereka berdua perlu menyadari bahwa kekesalan kedua tokoh terhadap penegakan hukum dan demokrasi di NKRI ini juga yang selalu di pertanyakan oleh rakyat Papua Selama ini.
Bisakah indonesia sebagai negara hukum menjawab kegelisahan rakyat papua dan mosi ketidak percayaan tokoh tokoh Papua. 
Sebab Fredy Numberi dalam bukunya Quo Vadis Papua menyatakan tiga hal yang secara jelas dan terus terang terhadap kegagalan pemerintah Republik indonesia dalam menghadirkan wajah Indonesia di Papua.
Belum lagi dengan tokoh tokoh papua lain yang telah gugur seperti Theys Hiyo Eluay, Oto Ondowame, J.P Salosa dll. Yang telah mendahuli mereka dari Tanah Papua menghadap sang pencipta.
Print Friendly and PDF
Share on Google Plus

Tentang : Pace Ko' Sapa

Komunitas Sastra Papua, komunitas bagi mereka yang tertarik dengan sastra, adat dan budaya Papua. Semua catatan dalam Ko'Sapa diolah oleh redaksi Ko'Sapa untuk menjadi tulisan dalam situs ini. Silahkan kirim tulisan, atau informasi yang dingin di peroleh ke sastrapapua@gmail.com, trimakasih.
Post a Comment